Sejarah Batik Pekalongan

Batik pekalongan adalah sebagian warisan dari budaya Indonesia yang saat ini banyak sekali digemari oleh masyarakat Indonesia bahkan luar Negeri. Selain memiliki warna yang cerah, batik pekalongan juga memiliki desain yang atraktif,sehingga membuat batik pekalongan ini sangat mudah disenangi. Batik ini juga sangat cocok untuk kegiatan-kegiatan formal, kegiatan santaipun batik pekalongan ini masih sangat cocok untuk digunakan.

Sejarah Batik Pekalongan

Untuk desainnya sendiri batik pekalongan memiliki desain yang berbeda dengan desain-desain dari daerah lainnya. Walaupun hampir memiliki kesamaan dengan batik solo dan jogja, batik pekalongan memiliki corak atau ornament yang berbeda dengan batik lainnya. Pada umumnya sama dengan batik-batik lain, batik pekalongna ini ada yang dibuat dengan menggunakan cap dan juga ada yang dengan tulis.

Didalam perkiraan batik pekalongan ini sudah ada dan dimulai sejak tahun 1800an, dan tercatat didalam Disperindag pada tahun 1802 sudah memiliki batik dengan pola pohondengan ukuran yang kecil. Dalam perkembangannya batik pekalongna ini melesat dengan cepat yaitu pada tahun 1825 hingga 1830 dimana pada kala itu usai pertempuran antara kerjaaan Mataram dengan Diponegoro. Selain dari keluarga keraton, para pengikut saat kejadian tersebut banyak yang berpencar ke berbagai daerah dan pada saat itu mulailah berkembang batik.

Seiring waktu berjalan batik pekalongan melesat lebih maju dan berkembang. Bahkan lebih maju dari perkembangan batik lainnya. Bertemunya warga pekalongan dengan bangsa lain seperti Belanda, Jepang, Tiongkok membuat perkembangan desin yang lebih bervariasi sehingga menghasilkan berbagai macam ragam dan corak.

Selain dari berkembangnya ragam corak, batik Pekalongan iniĀ  juga semakin berkembang dalam hal teknik pembuatnnya, sehingga pada saat itu batik pekalongan mulai dibuat dengan cara di cap, denga proses cetakan di celup pada malam dan di cap atas kain putih.

Sejarah Batik dari Pekalongan

Sampai dengan saaat ini banyak warga Pekalongan yang mencari penghasilan dengan menjual batik. Dan sudah merekat erat pada warga pekalongan, hingga berbagai macam proses untuk pembuatan batik dilalui di kota ini dari sejak dahulu.

Itulah sedikit dari informasi mengenai sejarah batik pekalongan.