Ingin Mendapatkan Sertifikat ISO 17025? Simak Beberapa Perubahannya

Sebagai sebuah standar untuk mengukur kualitas dan produktifitas, selama ini sertifikat ISO 17025 memang sudah selalu menjadi pilihan yang terbaik. Dengan menggunakan standar ini, artinya Anda sudah mengikuti standar yang diakui secara internasional. Dan pastinya akan memberikan efek yang baik pada bisnis Anda secara keseluruhan baik itu berupa produk maupun layanan. Namun, sebuah standar tentunya juga harus selalu diperbaharui.

 

perubahan iso 17025

Mengapa? Kondisi kita sekarang ini bisa jadi berbeda dengan kondisi beberapa waktu yang lalu. Artinya, aspek-aspek kehidupan kita ini selalu dinamis dan berubah-ubah. Untuk mengukur suatu hal yang berubah-ubah, tentunya juga dibutuhkan alat ukur yang dinamis pula. Inilah mengapa ISO 17025 mendapatkan perubahan dan pembaharuan dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Tujuannya tentu saja untuk memastikan bahwa hasil penilaian yang menggunakan ISO 17025 tetaplah valid dan berkualitas serta sesuai dengan kondisi yang ada pada saat ini.

Perubahan Ruang Lingkup

Ruang lingkup mengalami perubahan dibandingkan dengan versi yang lama. Di versi yang terbaru, ruang lingkup mengalami revisi yaitu saat ini sudah mencakupi pengujian, kalibrasi dan juga sampling di mana sampling ini berhubungan dengan kalibrasi dan juga pengujian yang akan dilakukan setelahnya. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa sertifikasi yang baru ini akan lebih bisa mencakupi lebih banyak hal dalam satu sertifikasi saja.

Revisi Pendekatan Proses

Di versi ISO 17025 yang terbaru, pendekatan proses juga merupakan salah satu hal yang diperbaharui. Sekarang ini, pendekatan proses dilakukan dengan berdasarkan pada standar yang juga lebih baru. Sebagai contoh, untuk urusan manajemen mutu, ISO 17025 sekarang ini mengacu pada standar ISO 9001 yaitu standar yang lebih baru. Kemudian untuk kategori kualitas laboratorium medis, digunakan ISO 15189 yang dijadikan dasar pendekatan proses.

perubahan iso 17025

Sementara ISO/IEC 17021-1 digunakan sebagai dasar pendekatan proses untuk perihal persyaratan untuk badan audit dan juga sertifikasi. Dengan menggunakan pendekatan proses yang terbaru, diharapkan tahapan untuk mendapatkan sertifikat iso ini nantinya akan lebih memberikan mutu yang lebih baik dan lebih akurat. Dan pastinya akan lebih sesuai dengan kondisi yang ada pada saat ini.